Strategi Penginjilan dalam Menjangkau Generasi Z

Firman Jaya Hia, Samuel Purdaryanto, Regueli Daeli

Abstract


The Great Commission is the mandate of the Lord Jesus to all believers (His church) which is always relevant throughout the century including in the digital era. In implementing it, of course, it requires an effective strategy, intellectual and perseverance and targets to complete it. In relation to generation Z called I-generation and digital natives are more adept at technology (Tech Savvy) and social media becomes their lifestyle. This study describes the actualization of the great commission in the era of digital strategy evangelism to reach generation Z through the use of digital platforms. The author uses qualitative methods to answer research problems. The final result is the author describes the use of digital platforms, types of digital platforms and evangelism strategies in the digital era through digital platforms, so that through this study it can be a guide for churches and believers to reach today's generation Z in the digital era.

 

Abstrak:

Amanat Agung adalah mandat Tuhan Yesus kepada seluruh orang percaya (gereja-Nya) yang senantiasa relevan sepanjang abad termasuk diera digital. Dalam mengimplementasikannya tentunya membutuhkan Strategi yang efektif, intelektual ketekunan dan sasaran untuk menutaskannya. Sehubungan dengan generasi Z disebut I-generation dan digital native lebih mahir dalam teknologi (Tech Savvy) dan media sosial menjadi gaya hidup mereka. Penelitian ini mendeskripsikan aktualisasi amanat agung diera digital strategi penginjilan untuk menjangkau generasi Z melalui pemanfaatan Platform digital. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menjawab permasalahan penelitian. Hasil akhirnya penulis menemukan pemanfaatan platform digital, jenis-jenis platform digital dan strategi penginjilan diera digital, temuan ini dapat menjadi panduan bagi gereja dan orang percaya untuk menjangkau generasi Z masa kini diera digital.

 

Kata Kunci: Amanat Agung, Era digital,  generasi Z


Keywords


The great commission, the digital age, and generation Z

Full Text:

PDF

References


Anisa Fahira, E. N. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN FITUR REELS PADA INSTAGRAMTERHADAPMINAT BELI KONSUMEN KEDAI KOPI TMLST. IKON: Jurnal Ilmu Komunikasi, 28(3), 112–128.

Ardiansah, K. R., & Muhammad, F. (2023). META SHORT YANG MERUBAH ALGORITMA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM. Seminar Nasional desain dan media, 257–262.

Belay, Y. (2023). Menuju Misiologi Digital Analisis Metode, Apologetika, dan Negasi Terhadap Worldviev Non-Kristen. Dalam Aku Klik maka Aku Menginjili Apa dan Bagaimana Misiologi Digital (1 ed., hlm. 85). VIEWS: Vieka Wahana Semesta.

Fitri Fujiana, Triyana Harlia Putri, Tamara Septia Chairunisa, R. S. R., & Miftazah, D. P. (t.t.). GAMBARAN PAPARAN PORNOGRAFI PADA MAHASISWA DI KOTA PONTIANAK. 6(1), 1–6. https://doi.org/10.33369/jvk.v6i1.27432

Gp, H. (2017). Teologi Mis dari Missio Dei menuju Misso Ecclesia. ANDI.

Gultom, J. M. P. (2022). Misi Gereja Dalam Pengembangan Praktek Penginjilan Pribadi Dan Pemuridan Generasi Z. Manna Rafflesia, 9(1), 18–36. https://doi.org/10.38091/man_raf.v9i1.241

Heidi A. Campbell dan Wendi Bellar. (2023). Digital Religion The Basics. Routledge.

Khatib Ramli Ahmad, Lalu Sibuan Amir, Muh. H. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Pola Komunikasi dan Hubungan Sosial dalam Kalangan Generasi Z. Sanskara Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(2), 85–94. https://doi.org/10.58812/sish.v1.i02

Mahardika, S. V., Mau’na, I. I., Islamiya, Z., & Nurjanah, I. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi PostMillenial Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok. SOSEARCH: sosial science educational research, 2(1), 40–53.

Morrisan. (2019). Riset Penelitian Kualitatif. Prenadamedia Group.

Paparang, S. R. (2023). Fragmen Misiologi Digital Komitmen Metafidei Untuk Mengerjakan Misi Kristus Dalam Dunia Yang terus Berubah. Dalam Aku Klik maka Aku Menginjili Apa dan Bagaimana Misiologi Digital (1 ed., hlm. 1–5). VIEWS.

Prajana, A. M., Syafikarani, A., & Nastiti, E. N. (2021). Pemanfaatan Video Streaming sebagai Media Pemasaran pada Fitur Shopee Live. TANRA, 8(2), 145–152. https://doi.org/10.26858/tanra.v8i2.22651

Purwoto, P., Sumiwi, A. R. E., Tampenawas, A. R., & Santo, J. C. (2021). Aktualisasi Amanat Agung di Era Masyarakat 5.0. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 6(1), 315–332. https://doi.org/10.30648/dun.v6i1.640

Setiawan, D. E. (2021). Signifikansi YouTube Sebagai Medium Pewartaan Injil Bagi Generasi Milenial di Indonesia. BIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 4(2), 210–225. https://doi.org/: https://doi.org/10.34307/b.v4i2.190

Shadily, J. M. echolsh dan H. (2007). Kamus Inggris-Indonesia An English-Indonesian Dictionary. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simon, S. R. A. (2021). PERINTISAN GEREJA SEBAGAI BAGIAN DARI IMPLEMENTASI AMANAT AGUNG. Manna Rafflesia, 7(2), 210–234.

Situmorang, W. R., & Hayati, R. (2023). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI BENTUK VALIDASI DAN REPRESENTASI DIRI. Journal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111–118. https://doi.org///doi.org/10.33369/jsn.9.1

Sugiyono, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R D. Alfabeta.

Supriadi, M. N. (2020). IMPLIKASI RELASI SEKOLAH TINGGI TEOLOGI ARASTAMAR BENGKULU BAGI PENGEMBANGAN PELAYANAN MISI GEREJA KRISTEN INJILI DI INDONESIA JEMAAT KOTA BENGKULU. Jurnal PKM Setiadharma, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.47457/jps.v1i2.54

Supriadi, M. N. (2021). Integrasi Teologi dan media sosial dalam pengajaran iman kristen bagai generasi Z. Dalam Y. B. Stenly R. paparang, Edward Hanock (Ed.), Menyemai Pelayanan Gereja Dalam Konteks Post Milenial (1 ed., hlm. 131). Pustaka Star’ Lub.

Taufiq, S. M. (2022). Pengantar Studi Media Dakwah Dakwah Digital. Liyan Pustaka Ide.

TLD), pengurus D. (ID. (t.t.). Hasil Survey penetrasi Internet Indonesi 2024. Asosiasi Penyelenggara internet Indonesia (APJII).

Tresia Monica Tinambunan, C. S. (2022). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA DI KALANGAN PELAJAR. MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 14–21.

Uma, P. (2023). Apa Itu Follow Up. agribisnis.uma.ac.id. https://agribisnis.uma.ac.id/2023/09/08/apa-itu-follow-up/

Waruwu, A., & Purdaryanto, S. (2021). Strategi Pelayanan Misi Dimasa Pandemi Coronavirus Desease 2019. Manna Rafflesia, 7(2), 419–440. https://doi.org/10.38091/man_raf.v7i2.171

Widayanti, T., Rahayu, B. A., & Sutono, S. (2022). Media sosial sebagai platform cyberbullying di masa pembelajaran jarak jauh. Health Sciences and Pharmacy Journal, 6(2), 42–48. https://doi.org/10.32504/hspj.v6i2.719

Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., & Handoko, A. L. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. CV. Pena Persada.




DOI: https://doi.org/10.55097/sabda.v6i1.243

DOI (PDF): https://doi.org/10.55097/sabda.v6i1.243.g119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Firman Jaya Hia, Samuel Purdaryanto, Regueli Daeli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Sabda: Jurnal Teologi Kristen Telah Terindeks di: 

   

View My Stats